Langsung ke konten utama

Yang Memiliki Kecerdasan LoGis Matematis

Semua jurusan yang saya bahas berikut ini adalah jurusan – jurusan yang setingkat dengan Strata-1 (S1).

Kecerdasan Matematis / Logika

Mereka yang memiliki kecerdasan ini adalah orang – orang yang dianggap berprestasi di bidang akademik. Mereka biasanya sangat pintar dengan perhitungan dan analisis yang cepat di dalam kepala mereka. Di sekolah, mereka biasanya selalu masuk dalam urutan peringkat 10 besar kelas dan membanggakan orangtua mereka. Mereka menyenangi matematika sementara orang lain membencinya. Merekalah orang – orang matematis / logika. Kecerdasan matematis / logika adalah kecerdasan dalam penyelesaian masalah secara sistematis dan sesuai dengan jalur logika. Orang – orang yang berbakat di bidang ini biasanya senang dengan kegiatan – kegiatan ilmiah yang menguras otak mereka. Mereka juga sangat suka dengan ilmu – ilmu eksakta (fisika, kimia, akuntansi, ekonomi) disamping matematika. Mereka juga biasanya sangat rapi dan tergolong orang – orang yang sadar akan keteraturan. Seringkali mereka malas belajar, tetapi selalu mendapatkan nilai akademis yang tinggi. Ini dikarenakan yang mereka cari di dalam masalah bukanlah cara konvensional untuk penyelesaian masalah, melainkan memilih cara sendiri untuk menyelesaikan masalah. Tanpa mereka, tidak ada penemuan – penemuan di bidang teknologi.

Saya adalah salah satunya, lalu saya harus masuk jurusan apa?

Orang – orang matematis / logis akan menemukan tempatnya di jurusan – jurusan berikut ini.

Program Studi IPA

Selamat! Bakat alamiah kalian membuat kalian cocok di bangku – bangku IPA.

MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Statistika, Geofisika, Elektronika dan Instrumentasi)

Mengapa? MIPA mempelajari ilmu – ilmu eksakta dan alam. Di fakultas inilah orang – orang matematis bisa berkembang dengan baik dikarenakan untuk menjadi seorang saintis, dibutuhkan ketelitian, daya analisis yang kuat, dan kemampuan visual yang baik.

Untuk inspirasimu Hanya karena di Indonesia belum banyak orang yang mencoba jalur penelitian, bukan berarti kalian tidak mungkin bisa menjadi peneliti. Siapa tahu kalian akan menjadi the next Stephen Hawking atau menjadi peraih nobel untuk Indonesia.

Ilmu Komputer, Teknologi Informatika & Sistem Informasi

Mengapa? Di jurusan – jurusan ini kalian akan banyak berkutat dengan komputer. Dalam terapannya, ilmu komputer merupakan cabang dari ilmu matematika. Oleh karena itu di jurusan – jurusan ini kalian dituntut untuk memiliki daya analisis dan minat terhadap matematika yang kuat.

Untuk inspirasimu Kalian bisa membuat program untuk komputer sendiri lho jika masuk ke jurusan ini. Siapa tahu suatu saat kalian akan dipanggil untuk membuat program di perusahaan internasional seperti Microsoft.

Ilmu Pertanian (Semua Jenis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan)

Mengapa? Di jurusan – jurusan ini kalian akan banyak mempelajari sumber – sumber produksi seperti tanaman dan ternak. Apabila kalian lebih menyukai ilmu – ilmu biologi dibandingkan dengan matematika, maka jurusan – jurusan ini sangat tepat untuk kalian. Ketelitian, daya analisis dan kemampuan visual yang baik dibutuhkan untuk jurusan ini.

Untuk inspirasimu Cobalah lihat betapa negara kita sedang membutuhkan pelopor yang dapat memajukan usaha tani. Kenapa harus malu menjadi petani, sosok penting yang memproduksi kebutuhan – kebutuhan pokok kita? Dan lihatlah bahwa Indonesia sedang mengalami kemajuan dalam usaha pangan. Jadi, jangan takut mengambil jurusan – jurusan pertanian.

Pendidikan Dokter

Mengapa? Dibutuhkan daya analisis yang kuat untuk mendiagnosis penyakit pasien. Menjadi seorang dokter membutuhkan banyak aspek – aspek kecerdasan diantaranya daya analisis yang tinggi, bisa membayangkan dengan cermat (banyaknya pelajaran biologi), cepat dalam bertindak dan tidak ragu – ragu, dsb. Kebanyakan dari itu dimiliki oleh orang – orang matematis / logis.

Untuk inspirasimu Jas dokter akan membuat seseorang terlihat berwibawa, bukan? Lagipula siapa yang tidak ingin menjadi dokter.

Ilmu Gizi & Gizi Kesehatan

Mengapa? Di jurusan ini, kalian akan berkutat dengan hubungan antara makanan dengan manusia. Oleh karena jurusan ini masih termasuk ke dalam lingkungan fakultas kedokteran, kalian juga banyak mempelajari kesehatan manusia. Sekali lagi, daya analisis sangat diperhitungkan di jurusan ini.

Untuk inspirasimu Hanya karena kalian masuk ilmu gizi, bukan berarti kalian harus makan bubur oat, sayuran, dan diet sepanjang hidup. Kalian bisa mengubah makanan berkolesterol tinggi menjadi makanan penuh gizi.

Pendidikan Dokter Gigi

Mengapa? Jurusan ini dianggap sebagai cadangan dari jurusan pendidikan dokter. Yang dibutuhkan sebenarnya sama walau ilmu yang dipelajari tidaklah sekompleks pendidikan dokter. Dibutuhkan daya analisis yang tinggi, cepat dalam bertindak, tidak ragu – ragu dalam mengambil keputusan, dsb. Hal yang banyak dimiliki oleh orang – orang matematis / logis. Disamping itu kerapihan dan keteraturan merupakan hal yang identik dengan seorang dokter gigi.

Untuk inspirasimu Jas dokter akan membuat seseorang terlihat berwibawa, bukan? Lagipula siapa yang tidak ingin menjadi dokter.

Pendidikan Dokter Hewan

Mengapa? Sekali lagi, daya analisis sangat diandalkan di jurusan – jurusan kedokteran, tak terkecuali pendidikan dokter hewan. Saya merekomendasikan jurusan ini bagi mereka yang menyukai hewan. Perlu diketahui, yang dipelajari di sini lebih kompleks daripada kedokteran umum.

Untuk inspirasimu Bacalah manga “Wild Life” yang mengisahkan lika – liku kehidupan dokter hewan. Jika kalian berpikir bahwa dokter hewan tidak sehebat dokter umum atau dokter gigi, maka kalian salah besar. Banyak dokter hewan yang memiliki penghasilan yang setara dengan seorang dokter umum.

Teknologi Perencanaan (Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota)

Mengapa? Menjadi seorang insinyur dibutuhkan pemikiran yang matang, rencana yang sistematis, dan penuh dengan perhitungan. Di jurusan ini juga diperlukan rasa estetika yang tinggi atau kemampuan menggambar yang memadai. Karena kemampuan matematika harus tinggi disini, orang – orang matematis / logis memang tepat berada di jurusan – jurusan teknologi.

Untuk inspirasimu Siapa yang tahu kalian bisa membuat landmark yang mendunia untuk Indonesia ini. Atau siapa tahu kalian nantinya akan bisa membangun kota – kota di Indonesia yang seperti New York, London, Tokyo, dsb.

Teknologi Industri (Teknik Industri, Teknik Mesin)

Mengapa? Menjadi seorang insinyur dibutuhkan pemikiran yang matang, rencana yang sistematis, dan penuh dengan perhitungan. Di jurusan – jurusan ini kalian banyak mempelajari proses manufaktur dan kinerja sebuah pabrik. Karena kemampuan matematika harus tinggi disini, orang – orang matematis / logis memang tepat berada di jurusan – jurusan teknologi.

Untuk inspirasimu Jurusan – jurusan ini memiliki banyak sekali peminat karena memang mudah sekali mencari kerja. Terlepas dari itu, jika masuk di jurusan – jurusan di atas maka kalian sudah siap untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu.

Teknologi Pertanian (Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian)

Mengapa? Menjadi seorang insinyur dibutuhkan pemikiran yang matang, rencana yang sistematis, dan penuh dengan perhitungan. Di jurusan ini kalian akan banyak berkutat di laboratorium untuk meneliti makanan dan tanaman produksi, oleh karena itu minat terhadap biologi dibutuhkan disini. Karena kemampuan matematika harus tinggi disini, orang – orang matematis / logis memang tepat berada di jurusan – jurusan teknologi.

Untuk inspirasimu Berbeda dengan saudaranya, yaitu jurusan ilmu pertanian, lulusan teknologi pertanian lebih mudah mencari kerja. Kalian akan banyak mempelajari proses manufaktur sehingga hasil pertanian bisa sampai ke tangan konsumen.

Teknologi Fisika (Fisika Teknik, Teknik Nuklir, Teknik Elektro)

Mengapa? Menjadi seorang insinyur dibutuhkan pemikiran yang matang, rencana yang sistematis, dan penuh dengan perhitungan. Di jurusan ini kalian akan banyak melakukan praktikum di laboratorium oleh karena itu sifat rajin, tidak mudah menyerah, dan ketelitian sangat utama di jurusan ini. Karena kemampuan matematika harus tinggi disini, orang – orang matematis / logis memang tepat berada di jurusan – jurusan teknologi.

Untuk inspirasimu Kalian akan mengerti banyak hal mengenai industri – industri yang berkutat di bidang pembangkit listrik. Disamping itu, jurusan – jurusan ini tergolong mudah mencari kerja.

Teknologi Kimia (Teknik Kimia, Teknologi Bioproses, Teknik Metalurgi & Material)

Mengapa? Menjadi seorang insinyur dibutuhkan pemikiran yang matang, rencana yang sistematis, dan penuh dengan perhitungan. Di jurusan – jurusan ini kalian akan banyak mempelajari mengenai industri kimia. Banyak bidang yang bisa digeluti untuk lulusan dari jurusan ini. Karena kemampuan matematika harus tinggi disini, orang – orang matematis / logis memang tepat berada di jurusan – jurusan teknologi.

Untuk inspirasimu Lihatlah semua yang ada di alam semesta ini. Bukankah semuanya bahan kimia? Dari sini bisa disimpulkan bahwa lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan oleh industri jenis apapun.

Untuk inspirasimu

Farmasi

Mengapa? Di farmasi yang dipelajari tidak hanya seputar kimia, tetapi juga matematika dan biologi, bahkan dengan porsi yang lebih  besar. Segala kemampuan laboratorium banyak dibutuhkan di jurusan – jurusan ini. Hal ini kebanyakan dimiliki oleh orang – orang matematis / logis.

Untuk inspirasimu Semua penyakit pasti ada obatnya. Siapa tahu kalian nanti akan menemukan obat untuk penyakit AIDS atau SARS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dan IPS

Bagi anak SMA, Memikirkan akan kuliah kemana dan mengambil jurusan apa sudah dilakukan sejak awal bahkan sejak kelas 10. Sebab, itu mempengaruhi saat memilih jurusan IPA atau IPS bagi anak kelas 10. Maka dalam mengambil jurusan harus dipikirkan matang-matang dan harus mendukung untuk menentukan jurusan yang akan dipilih saat kuliah. Sebagai gambaran, Berikut ini saya beri daftar jurusan kuliah yang cocok untuk IPA dan IPS. IPA Teknik Informatika Teknik Elektro Teknik Mesin Teknik Industri Teknik Perminyakan Teknik Kimia Teknik Komputer Teknik Pertambangan  Teknik Sipil Teknik Metalurgi dan Material Teknik Fisika Teknik Penerbangan Teknik Perkapalan Teknik Planologi  Teknik Lingkungan Teknik Geologi Teknik Bangunan  Ilmu Komputer Teknologi Pangan  Biologi Kimia  Sistem Informasi Kedokteran Kedokteran Gigi Kedokteran Hewan  Arsitektur Farmasi Bioteknologi/Teknobiologi  Ilmu Kelautan Agronomi Agroekoteknologi  Agribisnis Pendidikan Matematika Pendidika

Info Kolam Renang Khusus Wanita di Jakarta

Assalamu’alaikum. Renang merupakan olahraga favorit banyak orang, dari anak-anak sampai dewasa. Dan saat ini muncul banyak tempat yang menyediakan fasilitas kolam renang. Tetapi bagaimanakah seorang muslimah jika ingin berenang? Pastinya tidak boleh campur dengan lawan jenis kan. via ummu-kholil.blogspot.com Jangan sedih dear, kalian semua memiliki kesempatan untuk menikmati dan bersantai di kolam renang dengan nyaman dan lebih leluasa. Postingan kali ini,  hellohijabers  share daftar kolam renang di Jakarta dan sekitarnya. Info ini didapat dari Instagram Ukhti  Amalia Dian Ramadhini  (Founder @PeduliJilbab ) Berikut 9 rekomendasi Kolam Renang Khusus Wanita di Jakarta dan sekitarnya :. 1. Yayasan Al-Jannah. Jl. Gudang Peluru B1 No.4, Tebet, Jakarta Selatan. Ph.+62 21 8311 1157. Harga tiket masuk Rp. 15.000 untuk perenang dan Rp. 5000 untuk pengantar. 2. Al-Hakim. Jl. Anugerah Rayano.107, Jatiwaringin, Pondok-Gede, Bekasi. Ph. (021) 8463916, (021) 8477208, (021) 934484

Kangen Njid

Tiba-tiba teringat 'njid', kakekku. Dulu waktu saya masih SD suka dititip nginep di rumah beliau di Cipinang Muara. Secara, mama saya punya anak lagi saat saya masih 1 tahun 4 bulan.. Njid adalah istilah untuk kakek dalam bahasa Arab. Njid saya adalah orang pintar. Beliau memahami bahasa Arab, Inggris, Jepang, dan sedikit Bahasa Belanda. Selain itu, di saat dulu pribumi tidak ada yg bersekolah kecuali anak pejabat dan anak pintar, kakekku termasuk yang direkrut agar bersekolah karena pintarnya. Perawakan kakekku tinggi 190 cm, bermata besar (belo), berhidung mancung layaknya orang Arab, dan berkuping caplang. Ini sebabnya kami cucu-cucunya, kupingnya kelihatan semua (caplang). Kata orang, mau peduli dan mau mendengar. Njid beristrikan nenek yang kami panggil ibu'. Ibu perawakannya sangat pendek, yakni mungkin hanya 145 cm. Tetapi ibu' sangat penurut dan penyabar. Kata mama, ini sifat yang diturunkan padaku. Waktu-waktu senggang ibu' diisi dengan kegiatan berman