KESIMPULAN
Pengertian SK, KD, Indikator
Standar Kompetensi
Standar Kompetensi mata pelajaran adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentupada jenjang pendidikan tertentu pula.
Pengertian Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.
Pengertian indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Langah-langkah Penyusunan Kompetensi Dasar dan Indikator
Langkah-langkah penyusunan Kompetensi dasar.Menjabarkan Kompetensi yang dimaksud, dengan bertanya : “kemampuan apa saja yang harus dimiliki siswa agar standar kompetensi dapat dicapai?” jawaban dari pertanyaan tersebut kemudian didaftar baik yang menyangkut pengetahuan, sikap dan keterampilan.Tulislah rumusan Kompetensi Dasarnya.Langkah-langkah penyusunan IndikatorMengkaji KD tersebut untuk mengidentifikasi indikatornya dan rumuskan indikatornya yang dianggap relevan tanpa memikirkan urutannya lebih dahulu juga tentukan indikator-indikator yang relevan dan tuliskan sesuai urutannya.Kajilah apakah semua indikator tersebut telah mempresentasikan KD nya, apabila belum lakulanlah analisis lanjut untuk menemukan in dikator-indikator lain yang kemungkinan belum teridentifikasi.Tambahkan indikator lain sebelumnya dan rubahlah rumusan yang kurang tepat dengan lebih akurat dan pertimbangkan urutannya.
Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator
a) Perumusan Kompetensi Dasar
Meluas, artinya peserta didik memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan pengalaman tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai yang berkaitan pada saat pembelajaran berlangsung.Seimbang, artinya dimana setiap peserta Kompetensi perlu dapat dicapai melalui alokasi waktu yang cukup untuk pembelajaran yang efektif.Relevan, maksudnya adalah dimana setiap Kompetensi terkait dengan penyiapan peserta didik untuk meningkatkan mutu kehidupan melalui kesempatan pengalaman.
b) Perumusan Indikator
Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi dua indicator Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam SK dan KD.Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Penyusunan materi pokok/ materi pembelajaran
Materi pokok harus disusun sedemikian rupa agar dapat menunjang tercapainya kompetensi. Mat[eri pokok adalah pokok-pokok materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrument penilaian yang disusun berdasarkan indicator pencapaian belajar.
Satuan Ukuran Jumlah
Satuan ukuran jumlah digunakan untuk menghitung banyak benda.
1 lusin = 12 buah.
1 gross = 12 lusin.
1 gross = 144 buah.
1 rim = 500 lembar.
1 kodi = 20 buah.
Lusin biasa digunakan untuk satuan barang seperti piring dan gelas.
Gross biasa digunakan untuk satuan alat tulis.
Rim biasa digunakan untuk satuan kertas.
Kodi biasa digunakan untuk satuan kain, baju, dan celana.
Komentar
Posting Komentar